Program Hebat (Hidup Sehat Bersama Sahabat) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) meraih Indonesia Millenium Development Goals Awards (IMA) 2012. Acara yang diprakarasai oleh Kantor Urusan Khusus Presiden untuk MDGs (KURPRI MDGs) ini diselenggarakan di Conrad Hotel, Bali dan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudoyono.

Sebagai sebuah program tahunan, IMA merupakan bentuk apresiasi bagi para pelaku pembangunan berwawasan MDGs terbaik dari seluruh nusantara. Indikator penilaian untuk mendapatkan penghargaan adalah berdasarkan kualitas program yang diunggulkan, presentasi program dan keberhasilan program dalam mengatasi permasalahan serta penyelesaian isu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.  Kemampuan program untuk diadopsi oleh pelaku-pelaku pembangunan lain di luar wilayah program tersebut dilaksanakan pun menjadi bahan pertimbangan penilaian.  Program yang terbukti berkelanjutan atau memiliki kesinambungan, akan menjadi nilai lebih bagi penilaian IMA.

Berdasarkanasal peserta, IMA 2012 ini memiliki kategori kabupaten/kota, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sektor swasta dan organisasi kepemudaan/akademisi. Berdasarkan tema terbagi menjadi menjadi lima tema yaitu pendidikan, kesehatan ibu dan anak, nutrisi, penanggulangan HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya serta layanan air bersih dan sanitasi.

Program Hebat FK Unpad memenangkan IMA 2012 kategori tema penanggulangan HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya untuk kategori peserta organisasi pemuda/akademisi.  Prof. Dr. med Tri Hanggono Achmad, dr., selaku Dekan FK Unpad yang turut menghadiri acara tersebut mengucapkan rasa syukurnya terhadap pencapaian ini dan berterima kasih atas kerja keras dan kerja sama yang baik berbagai pihak untuk pelaksanaan Program Hebat ini.

Ketua Laboratorium Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) FK Unpad, Bachti Alisyahbana, dr., SpPD., Ph.D, yang juga hadir di acara tersebut beserta  perwakilan dari Program Hebat FK Unpad menyatakan bahwa Program Hebat memang merupakan salah satu unggulan dari LPPM FK Unpad.  Program Hebat merupakan salah satu bentuk “produk” dari hasil penelitian dalam program IMPACT(Integrated Management of Prevention and Control and Treatment of HIV/AIDS) yang merupakan sebuah tim kolaborasi antara Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Rumah Sakit Umum Hasan Sadikin dan tiga universitas di Belanda dan Belgia.

Pada tahun 2009, tim tersebut melakukan penelitian kualitatif pada 93 siswa SMP dari 5 sekolah mewakili 5 wilayah di Kota Bandung. Penelitian lanjutan juga dilakukan kepada 316 guru yang mewakili 25 sekolah di kota Bandung. Penelitian bertujuan mengetahui sejauh mana sikap, kepercayaan diri dan keinginan guru mengajarkan pendidikan kesehatan reproduksi dan pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa diperlukan tindakan pencegahan yang bersifat komprehensif dengan tujuan melindungi kaum muda dari perilaku berisiko terkait HIV-AIDS, kemudian dikembangkan program pencegahan berbasis sekolah terintegrasi dalam kurikulum yang diberi nama sebagai program HEBAT atau “Hidup Sehat Bersama Sahabat” yang ditujukan untuk remaja awal (usia SMP). Sehingga dapat dikatakan bahwa Program Hebat FK Unpad merupakan kurikulum pencegahan HIV yang dikembangkan sesuai dengan kondisi aktual di Kota Bandung, dengan mengkombinasikan pencegahan penyalahgunaan narkoba (drug education) dan kesehatan reproduksi ( reproductive health education). Materi yang diberikan disesuaikan dengan tingkat perkembangan remaja, agar terjadi perubahan perilaku dan disesuaikan dengan hak remaja.

Tujuan Program Hebat adalah memberdayakan remaja dengan memberikan informasi terkait HIV yang benar dan terkini, memfasilitasi pengembangan sikap yang positif, mempromosikan keterampilan hidup dengan bernegosiasi, mengarahkan pada pengembangan perilaku sehat dan bertanggung jawab, membuat guru mampu memfasilitasi topik terkait, meningkatkan kesadaran manajemen sekolah tentang perkembangan remaja, narkoba dan HIV-AIDS.

Pada tahun ajaran 2010 – 2011, Pemerintah Kota Bandung (Komisi Penanggulangan AIDS) dan Dinas Pendidikan Kota Bandung serta FK Unpad melalui program IMPACT bekerjasama mengembangkan kurikulum pencegahan penularan HIV-AIDS untuk kalangan remaja awal di SMP Kota Bandung.  Tahap pertama (Pilot Project) diujicobakan di lima SMP Negeri di Kota Bandung. Pada tahun 2011 ditambahkan lima  SMP Negeri lainnya, sehingga berjumlah total 10 SMP Negeri, saat ini sudah 24 Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung yang melaksanakan kurikulum program Hebat.

Komentar

    Belum Ada Komentar untuk Program HEBAT FK Unpad: Kurikulum Pencegahan HIV di SMP

Tinggalkan Komentar